Senin, 24 Oktober 2022

10 PONDOK PESANTREN PILIHAN MASYARAKAT BEKASI

 

Pendidikan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Untuk mendapatkan Pendidikan berkualitas, masyarakat saat ini memerlukan banyak preferensi dalam menentukan Lembaga Pendidikan yang tepat untuk anak-anaknya. Diantara Lembaga Pendidikan yang ada, Pesantren masih menjadi pilihan utama di masyarakat.Selain sistem Pondok Pesantren yang menerapkan sistem asrama, Pondok Pesantren merupakan tempat yang memadukan Pendidikan agama dan umum. Sehingga Pesantren masih menjadi primadona pilihan untuk melanjutkan bangku pendidikan

Sudah banyak Pondok Pesantren Tradisional (salaf) atau modern yang berdiri di Kota atau Kabupaten Bekasi. Dekat dengan Ibu Kota Jakarta membuat Pondok Pesantren di wilayah Bekasi memiliki pengaruh kemajuan Pendidikan di Ibu kota Indonesia ini. Berikut ini merupakan Pesantren yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan Pendidikan menengah Pertama (Tsanawiyah) maupun Pendidikan atas (Aliyah)


PONDOK MODERN TEKNIK IBNU RUSYD


 

Pondok Modern Teknik Ibnu Rusyd adalah lembaga pendidikan yang hadir dari sebuah kebutuhan masyarakat saat ini dengan pengembangan sistem pendidikan yang berdasarkan pada kemampuan intellegence dan kekuatan keyakinan yang tertanam dalam dada manusia, yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Didirikan pada tahun 2010, dan memiliki alamat di :Jl. Benda No. 310 RT 03/010 Kel. Padurenan Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi Jawa Barat

Pondok Modern Teknik Ibnu Rusyd berorientasi pada pendidikan generasi teknokrat yang beraqidah shohihah dan berakhlaqul karimah. Biasa disingkat PMT Ibnu Rusyd, pondok ini memiliki 2 jenjang Pendidikan,yaitu SMP dan SMK. Disini, kosentrasi Pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan keunggulan dari program pendidikannya. Harapannya lulusan bisa memiliki kredibilitas, integritas dan kapabilitas yang baik, sehingga menjadi kader bangsa yang siap menghadapi multi dimensi tantangan masa mendatang. Selain kempampuan berbasis IT, PMT Ibnu Rusyd juga menguatkan hafalan Al-Qur’an sebagai standar pencapaian kelulusannya. Jangan khawatir bagi yang belum bisa membaca Al-Qur’an, para pengajar disini siap mendidikmu sampai bisa!

 

PONDOK PESANTREN AT-TAQWA PUTRA DAN PUTRI

 

 




 

Didirikan oleh Al-Maghfurlah KH. Noer Ali sejak 1940 Dikenal dengan nama Pondok Pesantren Attaqwa Putra. Lembaga pendidikan ini didirikan pada tahun 1940 oleh Almarhum Almaghfurlah K.H. Noer ‘Ali, Sang Singa Kerawang Bekasi. Saat itu, Lembaga pendidikan tersebut belum memiliki nama khusus, melainkan sebuah pesantren di daerah Ujungharapan. Dan pada tahun 1956 barulah Lembaga Pendidikan ini diresmikan, meskipun masih menggunakan nama Yayasan P3 (Pembangunan, Pemeliharaan dan Pertolongan Islam (YP3) dan secara keseluruhan –baik putra maupun putri– berubah nama menjadi Pondok Pesantren Attaqwa, sekitar tahun 1986.

Pesantren Tahfizh Al Hunafa

 

Pesantren Tahfizh Al Hunafa merupakan pondok pesantren yang masih terbilang baru. Pesantren ini baru berdiri pada tahun 2014 namun telah memiliki sistem pendidikan yang mumpuni. Lembaga pendidikan yang tersebar di berbagai titik di Bekasi ini memiliki kurikulum perpaduan dari Kemenag dan tahfidz Al-Quran. Di sisi pendidikan formalnya sendiri, pesantren ini menyelenggarakan beberapa jenjang. Tersedia pilihan sekolah untuk SMP/MTs dan SMA/MA.

Pesantren An-Nida Al Islami


pesantren di bekasi

Dulunya, Pesantren An-Nida Al Islam merupakan sebuah pondok aliran salaf. Perintisnya yaitu seorang ulama terkenal dari Bekasi yaitu Syekh Muhammad Muhadjirin Amsar Addary yang telah menulis berbagai kitab berbahasa Arab. Saat ini, Pesantren An-Nida Al Islami menerapkan sistem pendidikan terpadu.Pondok pesantren ini kini menyelenggarakan pendidikan non formal dan formal. Terdapat pilihan pendidikan untuk jenjang SD/MI sampai SMA/MA. Bahkan, terdapat perguruan tinggi Islam di pesantren ini.

Pesantren Al Istighotsah Setu


Pesantren Al Istighotsah Setu bisa menjadi pilihan karena lembaga pendidikan ini menggabungkan dua sistem. Di sini, para santri akan dididik menggunakan sistem salaf dan juga modern. Model pembelajaran ini membuat Pesantren Al Istighotsah Setu menjadi unik dan berbeda dari lainnya. Selain itu, pendidikan di pesantren ini juga didukung dengan berbagai fasilitas. Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan formal yang lengkap. Tersedia sekolah dari jenjang SD/MI sampai SMA/MA. Sedangkan pendidikan non formalnya yaitu Majelis Taklim dan Tahfidz Quran.

Pesantren Nur El Fadilah

 

Pesantren lainnya yang bisa kamu temui di Bekasi yaitu Pesantren Nur El Fadilah. Pondok pesantren ini memiliki afiliasi ke organisasi Nahdlatul Ulama atau NU dan sekaligus menjadi tempat kaderisasi nahdiyin. Sistem pengajarannya sendiri menggabungkan antara pembelajaran dengan cara salaf dan khalaf. Santri di Pesantren Nur El Fadilah mendapat pendidikan yang beragam. Para siswa akan belajar kitab kuning, bahasa Arab, ilmu agama, adab, bahasa Inggris, kewirausahaan, dan lain sebagainya.

 

PESANTREN YAPINK BEKASI

 pesantren di bekasi

Berikutnya, kamu juga bisa mempertimbangkan Pesantren Yapink Bekasi sebagai pilihan pendidikan. Yapink sendiri merupakan nama lain dari lembaga Islam El Nur El Kasysyaf. Pondok ini merupakan pesantren tradisional yang sudah berdiri dari tahun 1969. Sampai saat ini, Pesantren Yapink Bekasi telah meluluskan banyak santri yang berkualitas. Pendidikan di Pesantren Yapink Bekasi terbilang cukup lengkap. Pendidikan formal di tempat ini tidak hanya untuk jenjang sekolah menengah. Pesantren ini memiliki perguruan tinggi islam bernama INISA.

Pesantren Al-Hassan Bekasi


Di daerah Pondok Gede, Bekasi, kamu bisa menemukan pesantren lainnya yaitu Pesantren Al-Hassan Bekasi. Sistem pendidikan yang digunakan di pesantren ini yaitu sistem modern. Para santri dididik untuk bisa menjadi ulama dan juga pemimpin. Hal ini didukung dengan kurikulum terpadu dan pendidikan umum yang diterapkan di sini.

Pondok pesantren ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tertarik untuk menghafal Al-Quran. Di sini, terdapat program Tahfidz 30 juz untuk membantu para santri menghafalkan Al-Quran.

 

Pesantren Islam Daarussunnah


Pesantren Islam Daarussunnah merupakan lembaga pendidikan Islam yang cukup lengkap. Pesantren ini memiliki berbagai jenjang pendidikan seperti TK, SD Tahfidz, Rumah Qur’an, Kajian Nilai Dasar Islam, dan lainnya. Keberagaman pendidikan ini memungkinkan kamu untuk memilih program yang paling sesuai. Pondok pesantren ini pun menyelenggarakan pendidikan dengan didukung oleh fasilitas yang memadai . Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang TK/RA sampai SMA/MA.

 

Itulah beberapa rekomendasi pesantren yang bisa ditemukan di Bekasi. Lembaga pendidikan ini bisa kamu pilih jika tertarik untuk belajar perpaduan ilmu umum dan ilmu agama.

sumber:

https://www.pinhome.id/info-area/pesantren-di-bekasi/

 

 

Tags :

GUS ARIFIN

Keutamaan Yang Berjuang Di Jalan Allah

  • " Dosa yang diampuni "
  • " Mendapat kemenangan yang besar "
  • " Mendapat pertolongan Allah "

  • : Pondok Modern Teknik Ibnu Rusyd
  • : Juli 2010
  • :Jl. Benda No. 310 RT 03/010 Kel. Padurenan Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi Jawa Barat
  • : pmtibnurusyd@yahoo.com
  • : +6282130225869