Selasa, 24 Januari 2023

Kamu Harus Tahu! 5 Peluang Karir Masa Depan Lulusan Jurusan TKJ SMK


 LAB COMPUTER PMT IBNU RUSYD

 

Pondok Modern Teknik (PMT) Ibnu Rusyd merupakan salah satu Pesantren Modern di Bekasi, Jawa Barat yang fokus untuk menyiapkan santri-santrinya unggul di dunia Teknologi Informasi dan Jaringan (TKJ). PMT Ibnu Rusyd memiliki Jurusan SMK yang fokus kepada kemampuan dasar penguasaan Ilmu Komputer yang dikenal dengan Penjurusan TKJ. TKJ merupakan jurusan yang amat menjanjikan di masa depan. Apa saja peluang yang dapat diambil berbekal keahilan TKJ? mari simak artikel berikut!

1.      1. Information Security Analyst

Semakin banyak data sensitif yang diunggah dan disimpan dalam platform digital, maka semakin tinggi pula resikonya. Di sinilah peran information security analyst menjadi semakin diperlukan. Terlebih lagi, kejahatan cyber pun semakin marak dan beragam. Information security analyst bertugas untuk menganalisa suatu sistem dan membuatnya aman dari berbagai macam resiko keamanan cyber. Dalam menjalankan tugasnya, mereka perlu berpikir kreatif dan teliti demi memastikan tidak ada celah yang membahayakan sistem yang dikerjakannya. .    

1.   2. Data Scientis

Analisis data adalah kunci untuk berbagai macam industri dan perkembangan teknologi. Apapun sub-bidang industrinya, data scientist akan semakin selalu diperlukan. Data scientist bertugas mengumpulkan, menganalisis, dan mengambil kesimpulan dari berbagai macam data. Hasil riset tersebut akan digunakan sebagai dasar pengembangan teknologi baru.

Bagaimana Mendapatkan Profesi Ini?

Selain tingkat ketelitian dan kecerdasan yang tinggi, seorang data scientist memerlukan setidaknya gelar S1 dari jurusan ilmu komputer, matematika, atau statistika. Tentunya, hal itu juga harus dibarengi dengan segudang pengalaman dalam bidang IT, terutama coding. untuk mendapat keahlian ini, Pada umumnya Jurusan SMK TKJ lebih cepat mendapat peluang apatah lagi diimbangi dengan Sarjana S-1 yang selini. para santri dan siswa dari sekolah berlatar TKJ memiliki jam terbang pengalaman dari Praktik Kerja Industri

3. Web Developer

Seiring makin banyaknya kegiatan manusia dilakukan secara online, semakin banyak website baru bermunculan di internet. Maka, tak mengherankan bila web developer menjadi salah satu pekerjaan paling dicari.

Secara umum, web developer ada 3 jenis, yaitu:

  •  Front-End Developer, bertugas mengatur bagian website yang terlihat oleh pengunjung, termasuk UX dan UI. 
  • Back-End Developer, bertugas mengatur elemen di belakang layar, misalnya server database.  
  • Full-Stack Developer, mencakup semua tugas front-end dan back-end sekaligus.

Dari ketiganya, full-stack developer adalah yang paling banyak dicari karena kemampuannya yang lebih komprehensif.

Menjadi seorang web developer cenderung lebih mudah ketimbang profesi IT populer lainnya. Meski tidak memiliki ijazah dari jurusan IT atau semacamnya, keahlian dalam bidang web development bisa dikuasai melalui kursus bersertifikat.

4. Software Development Engineer

Segala jenis bisnis dan kegiatan online tidak akan mungkin berjalan tanpa dukungan berbagai macam software. Oleh sebab itu, semua pihak yang terlibat dalam software development akan memiliki potensi karir yang cemerlang di masa depan.Software development lebih rumit dari sekedar web development. Selain programming, ada berbagai aspek lain yang patut dipertimbangkan juga, misalnya kebutuhan spesifikasi, testing, dan operasional Umumnya, software development adalah lulusan ilmu komputer, IT, dan sebagainya. Mereka wajib menguasai berbagai jenis bahasa pemrograman. Untuk jenis software yang lebih kompleks, terkadang diperlukan background pendidikan yang lebih tinggi serta pengalaman kerja yang lebih mumpuni.

1.      5. Computer Hardware Engineer

Perkembangan teknologi hardware komputer harus selalu sejalan dengan aspek IT lainnya. Karena, secanggih apapun teknologi berbasis internet akan sia-sia tanpa spesifikasi hardware yang memadai. Ditambah lagi, saat ini bahkan banyak perusahaan yang butuh hardware khusus. Kemungkinan kerusakan Perangkat Keras (Hardware) sangat rentan terjadi sehingga diperlukan pakar yang mampu menyelesaikan masalah Perangkat keras dengan cepat

Pondok Modern Teknik (PMT) Ibnu Rusyd juga mengimbangi penguasaan hafalan Al-Qur'an sebagai pembentukan karakter dan wawasan santri. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar, al-Qur’an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak, namun al-Qur’an juga mengandung isyarat-isyarat ilmiah yakni mengandung ayat-ayat sains dan teknologi. Sehingga, ada relevansi yang kuat terhadap kualitas keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap hafalan Al-Qur'an

Program TKJ PMT Ibnu Rusyd merupakan sebuah kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware apa saja yang ada di dalam komputer, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar. Santri bukan hanya dilatih agar memiliki keterampilan namun juga memiliki kemandirian sehingga siap menghadapi dunia kerja, dunia wirasusaha maupun dunia kuliah. [Rangga]

Tags :

GUS ARIFIN

Keutamaan Yang Berjuang Di Jalan Allah

  • " Dosa yang diampuni "
  • " Mendapat kemenangan yang besar "
  • " Mendapat pertolongan Allah "

  • : Pondok Modern Teknik Ibnu Rusyd
  • : Juli 2010
  • :Jl. Benda No. 310 RT 03/010 Kel. Padurenan Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi Jawa Barat
  • : pmtibnurusyd@yahoo.com
  • : +6282130225869