Senin, 05 Desember 2022

Penilaian Akhir Semester (PAS)Berbasis CBT Di PMT IBNU RUSYD Wujud Implementasi Digitalisasi Pendidikan

  

 (Santri SMKIT PMT Ibnu Rusyd ujian CBT)

Apa itu CBT? Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT Komputer dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Pelaksanaan ujian dengan sistem CBT atau Computer Based Test tentu memiliki perbedaan dengan sistem PBT atau Paper Based Test dalam hal media pengerjaan. Peserta ujian menggunakan sistem CBT langgsung dapat memilih jawaban yang benar pada layar computer. Berbeda dengan menggunakan sistem PBT,  peserta diwajibkan menghitamkan bulatan di kertas lembar jawaban.

CBT sangat bermanfaat dalam mengurangi limbah kertas. Sehingga penggunaannya dapat mengurangi kerusakaan alam. Dengan menggunakan Computer-Based Test (CBT) untuk melakukan ujian-ujian, kita dapat menghemat ribuan bahkan jutaan lembar kertas, dan tentunya secara langsung anda berkontribusi akan keramahan lingkungan. Juga, tenaga-tenaga yang biasanya membutuhkan ratusan orang untuk mengecek jawaban cukup dilakukan oleh beberapa komputer dan beberapa orang saja, sehingga menghemat Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat dialokasikan ke bagian lain. Anda pun tidak harus memiliki pengalaman yang berlebih untuk mengoperasikan sebuah server, karena penggunaannya sudah sangat praktis dan sederhana.

Pondok Modern Teknik (PMT) Ibnu Rusyd telah memulai penggunaan CBT sebagai model ujian terhitung sejak desember 2022. Penggunaan CBT dilingkungan Pondok Modern menjadi sebuah keharusan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Penggunaan CBT tersebut seiring dengan hadirnya Lab computer baru yang canggih dengan jaringan internet yang mendukung. Diharapkan, santri-santri PMT Ibnu Rusyd akan lebih optimal mencapai visi Qur’ani-Mandiri-Berprestasi.

     (santri SMPIT PMT Ibnu Rusyd ujian CBT)

PMT Ibnu Rusyd yang terdiri dari jenjang SMP dan SMK yang hanya memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini memiliki visii santri berbasis Internet of things (IOT).Internet of things merupakan sebuah konsep di mana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung ke internet. 

 


 

 


IoT memiliki hubungan yang erat dengan istilah machine-to-machine atau M2M. Seluruh alat yang memiliki kemampuan komunikasi M2M ini sering disebut dengan perangkat cerdas atau smart devices. Perangkat cerdas ini diharapkan dapat membantu kerja manusia dalam menyelesaikan berbagai urusan atau tugas yang ada.

Sehingga melalui IOT, Santri yang dihasilkan dari Pendidikan di PMT Ibnu Rusyd dapat bersaing di dunia industri yang kian akrab dengan perangkat lunak di masa yang akan datang. Selain, Hafalan Al-Qur’an yang unggul, Akhlaq dan Adab yang mulia, serta wawasan Ke-Islaman yang mendunia

Tags :

GUS ARIFIN

Keutamaan Yang Berjuang Di Jalan Allah

  • " Dosa yang diampuni "
  • " Mendapat kemenangan yang besar "
  • " Mendapat pertolongan Allah "

  • : Pondok Modern Teknik Ibnu Rusyd
  • : Juli 2010
  • :Jl. Benda No. 310 RT 03/010 Kel. Padurenan Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi Jawa Barat
  • : pmtibnurusyd@yahoo.com
  • : +6282130225869